Rabu, 21 September 2011

Sayuran Organik

Makanan organik adalah makanan yang dihasilkan dari pertanian organik, sebuah metode produksi berdasarkan prinsip-prinsip yang dimaksudkan untuk: melindungi lingkungan mempertahankan keanekaragaman hayati menghormati siklus alam. Istilah “organik” mengacu pada cara produk pertanian dibudidayakan dan diproses. Persyaratan khusus harus dipenuhi dan dipertahankan agar produk dapat diberi label “organik”.

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Organik. 

Lebih Bergizi
Beberapa studi menunjukkan bahwa buah dan sayuran organik (misalnya, beras, tomat, kubis, bawang dan selada organik) mengandung lebih banyak nutrisi seperti vitamin, magnesium, fosfor, zinc dan besi. Susu organik mengandung lebih banyak vitamin E.

Lebih Sehat
Makanan organik tidak dibentuk menggunakan pupuk kimia, pestisida kimia serta bahan kimia lain sehingga tidak merugikan tubuh manusia. Susu organik memiliki 50-80% lebih banyak antioksidan yang mengurangi risiko tumor. 

Lebih Enak
Banyak orang merasa bahwa makanan organik lebih enak daripada makanan non-organik. Alasan utamanya karena makanan itu dihasilkan dengan sarana produksi alami. Makanan organik juga sering dijual secara lokal sehingga masih segar.

Kelestarian Lingkungan
Menjaga lingkungan dari polusi tanah, air dan udara sehingga menciptakan dunia yang aman bagi kehidupan generasi mendatang.

Kesejahteraan Hewan
Kesejahteraan hewan merupakan aspek penting dalam produksi susu, daging, ayam dan ikan organik. Orang merasa senang mengkonsumi produk dari hewan yang tidak terkungkung sengsara dalam sangkar. 

APA SAYURAN ORGANIK itu ??

Sayuran Organik adalah sayuran yang dibudidayakan secara alami tanpa menggunakan pestisida (seperti : herbisida, insektisida, fungisida) dan pupuk kimia (seperti : Urea, TSP,KCL) sehingga sangat aman untuk dikonsumsi.

Efek Pestisida :
1. Memperbesar resiko gangguan fisik dan fungsi otak,
2. Berpotensi menimbulkan masalah kesuburan organ reproduksi,
3. Menyebabkan gangguan kesadaran (cognitive dysfunction) seperti membaca, mengeja.

Mengapa HARUS sayuran ORGANIK???

1. Sayuran organik LEBIH SEHAT dan AMAN dikonsumsi karena BEBAS pestisidadan pupuk kimia,
2. Sayuran organik LEBIH KAYA VITAMIN dan MINERAL sehingga sangan baik untuk anak/remaja dalam masa pertumbuhan dan orang dewasa dalam masa penyembuhan,
3. Sayuran organik LEBIH SEGAR dan AWET sehingga makanan organik tidak cepat basi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar